
Latar Belakang
Program Keahlian Jasa Perhotelan merupakan salah satu program keahlian di SMK Pariwisata Asima, Program keahlian ini adalah Program Keahlian pertama yang di buka di Kabupaten Pulau Morotai. Program keahlian ini menitik beratkan kepada dua kompetensi di dua departemen di Hotel yaitu Departement Housekeeping dan Front Office.
Kurikulum yang digunakan merupakan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan dari Industri Perhotelan. Semua Standar Kompetensi disesuaikan dengan Spektrum dan kemudian direvisi kembali oleh pihak Industri untuk menyesuaikan dengan keahlian darihuman capital yang dibutuhkan di Industri.
Lulusan Program keahlian Jasa Perhotelan diarahkan untuk menjadi tenaga tenaga professional dibidangnya khususnya di Industri Perhotelan. Pembelajaran dilakukan dengan dual system program atau yang dikenal sebagai Pendidikan sistem ganda. Dimana Pendidikan dan pelatihan tidak hanya dilakukan di sekolah namun juga dilakukan di Industri. Industri – industri pasangan yang dijadikan sebagai tempat praktek kerja yaitu hotel hotel Bintang Lima baik didalam maupun di Luar Negeri. Sedangkan Pendidikan dan pelatihan di Sekolah didampingi oleh Tenaga – tenaga pengajar berpengalaman dengan pendidikan yang sesuai dengan bidang yang diajarnya Sehingga lulusan diharapkan menjadi lulusan yang professional sesuai dengan standar yang dibutuhkan.
Profil Tamatan Program Keahlian Jasa Perhotelan
Persaingan di Industri Perhotelan pada era globalisasi ini semakin menuntut lulusan memiliki Kompetensi yang baik sehingga mampu menghadapi persaingan tersebut. Para lulusan Program Keahlian Jasa Perhotelan di SMK Pariwisata Asima di bentuk menjadi calon calon hotelier yang professional dibidangnya. Adapun hal yang dititik beratkan adalah sebagai berikut :
Well Grooming
Grooming merupakan salah satu hal wajib yang harus diterapkan oleh para lulusan Program Keahlian Jasa Perhotelan baik disekolah, di tempat kerja dan pada kegiatan sehari hari. Hal ini mutlak mereka lakukan sebagai prasyarat untuk melakukan pekerjaan mereka sebagai hotelier. Mereka dididik untuk menciptakan kesan outer appearance yang baik dan juga Inner personality yang baik pula. Sehingga menciptakan para tamatan yang hospitable yang siap melayani tamu dan mampu bersaing di Hospitality Industri khususnya perhotelan.
Good Responsibility
Tanggung jawab atau Responsibility merupakan point penting yang juga ditanamkan pada setiap lulusan untuk menjadikan pekerjaan mereka sebagai bagian dari jiwa mereka.
Good Discipline
Kedisiplinan tinggi juga merupakan hal utama yang ditanamkan pada setiap lulusan.
Good Product Knowledge
Pengetahuan mengenai produk yang mereka jual di berikan secara matang di sekolah ditambah dengan pengalaman yang mereka dapatkan pada saat melakukan praktek kerja industry di Hotel..
Capability in handling the job / doing the standard operational procedure
Standar Operasional Prosedur pada sebuah pekerjaan pada departemen departemen di hotel di berikan kepada seluruh lulusan selama mendapatkan pendidikan dan pelatihan di SMK Pariwisata Asima Morotai. Menjadikan para lulusan menjadi insan – insan terdidik dan terlatih yang siap bekerja.
Communicative
Kemampuan komunikasi baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris juga bahasa asing pilihan lain yaitu mandarin diberikan secara professional sehingga para lulusan dapat berkomunikasi menggunakan bahasa tersebut.
Be able to work in a team
Kemampuan bekerja secara tim diarahkan dan dibimbing untuk mampu dilaksanakan para lulusan program keahlian Akomodasi Perhotelan.
High Self Confidence
Kepercayaan diri yang tinggi di tumbuhkan melalui metode pembelajaran kreatif oleh tim pengajar dikelas dan juga pengalaman langsung di Industri selama menjalani praktek kerja industri
Dengan Kompetensi tersebut diharapkan lulusan dapat menjadi sumber daya manusia yang unggul khususnya pada bidang keahlian Jasa Perhotelan.
Kepala Kejuaraan Jasa Perhotelan
Giska Hito. S.Par